Merubah dunia lewat tulisan.

Rabu, 25 Februari 2015

Makam Syekh Yusuf - Fenomena Masyarakat

Latar Belakang : Fenomena Makam Syekh Yusuf
Latar Belakang : Fenomena Makam Syekh Yusuf
Makam Syekh Yusuf - Fenomena Masyarakat | Syekh Yusuf merupakan tokoh yang sudah sangat tenar dikalangan umat Islam khususnya bagi pengikut tarekat yang dibawakan oleh beliau. Bukan hanya dikenal di negeri sendiri, namun juga dikenal dan hormati di negara Sri Lanka, Afrika selatan dan sebagainya. Hal ini pun menjadi bahan pembicaraan setelah beliau wafat, yaitu mengenai bentuk penghormatan yang dilakukan masyarakat terhadap jasa beliau yang telah menyebarkan agama Islam, dengan mengunjungi atau berziarah ke makam beliau.

         Dalam melakukan ziarah oleh masyarakat di makam Syekh Yusuf ini pun banyak mengalami fenomena yang bagi sebagian orang ini adalah hal yang bertentangan di dalam agama. Namun bagi mereka yang melakukan ritual atau kebiasaan di makam, menganggap bahwa ini adalah sebuah tradisi atau kebiasaan yang tidak bertentangan dengan agama Islam karena telah di contohkan oleh nenek moyang terdahulu dan telah menjadi adat kebiasaan sebagian masyarakat. Boleh dikata juga sudah ada anggapan atau kepercayaan bahwa ritual semacam  itu harus dilakukan untuk memperoleh keberkahan.

         Ini pun menjadi polemik di tengah-tengah masyarakat yang sebagian menganggap itu sah-sah saja (diperbolehkan) dan ada juga yang menegaskan hal itu tidak disyariatkan oleh agama, dan mengatakan hal tersebut sebuah bentuk kesyirikan.

         Oleh sebab itu, kami selaku pemakalah akan mencoba menampilkan riwayat singkat mengenai tokoh yang bernama Syekh Yusuf dan juga ritual atau kebiasaan sebagian peziarah yang berkunjung di makam Syekh Yusuf.

Demikianlah latar belakang masalah pada makalah Fenomena Makam Syekh Yusuf

Makam Syekh Yusuf - Fenomena Masyarakat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Azwar S.